Sabtu, 04 Mei 2013

Manfaat Air Bagi Tubuh Kita


Air adalah sumber kehidupan. Tak ada mahluk hidup bertahan tanpa air. Bagi manusia, air berperan dalam menjaga metabolisme tubuh. Agar metabolisme berjalan baik, dibutuhkan masukan cairan setiap hari untuk menggantikan cairan yang hilang. Fungsi air bagi tubuh, antara lain :


  1. Mengatur suhu tubuh. Bila kekurangan air, suhu tubuh akan menjadi panas dan naik.
  2. Melancarkan peredaran darah. Jika tubuh kurang cairan, darah akan mengental. Hal ini disebabkan cairan dalam darah tersedot untuk kebutuhan dalam tubuh.Proses tersebut akan berpengaruh pada kinerja otak dan jantung.
  3. Membuang racun dan sisa makanan. Tersedianya cairan tubuh yang cukup dapat membantu mengeluarkan racun dalam tubuh. Air membersihkan racun dalam tubuh melalui keringat, air seni dan pernapasan.
  4. Jaga Kelembapan kulit. Air sangat penting untuk mengatur struktur dan fungsi kulit. Kecukupan air dalam tubuh berguna untuk menjaga kelembapan, kelembutan, dan elastisitas kulit akibat pengaruh suhu udara dari luar tubuh.
  5. Pencernaan. Peran air dalam proses pencernaan untuk mengangkut nutrisi dan oksigen melalui darah untuk segera dikirim kesel-sel tubuh. Konsumsi air yang cukup akan membantu kerja sistem pencernaan di dalam usus besar karena gerakan usus menjadi lebih lancar sehingga feses pun keluar dengan lancar.
  6. Pernapasan. Paru-paru memerlukan air untuk pernapasan karena paru-paru harus basah dalam bekerja memasukkan oksigen ke sel tubuh dan memompa karbondioksida ke luar tubuh. Hal ini dapat dilihat apabila kita menghembuskan napas ke kaca, maka akan terlihat cairan berupa embun dari napas yang diembuskan ke kaca.
  7. Sendi dan otot. Cairan tubuh melindungi dan melumasi gerakan pada sendi dan otot. Otot tubuh akan mengempis apabila tubuh kekurangan cairan.
  8. Pemulihan penyakit. Air mendukung proses pemulihan ketika sakit karena asupan air yang memadai berfungsi untuk menggantikan cairan tubuh yang terbuang.
Harian Seputar Indonesia, 22 Juli 2008

Tidak ada komentar:

Posting Komentar